Panduan Lengkap Cara Memilih Jenis Kertas Untuk Laser Printer & Printer Inkjet

Panduan memilih jenis kertas untuk laser printer dan inkjet dari Indocart, supplier tinta toner, tinta inkjet, dan sparepart printer di jakarta

Di pasaran banyak sekali jenis-jenis kertas dengan berbagai ukuran mulai dari yang paling umum kertas HVS A4, sampai ada yang unik seperti kertas Ivory atau fancy paper.

Mungkin Anda berpikir semua jenis kertas ini sama dan tidak masalah jika digunakan untuk print dokumen Anda. Padahal tidak demikian, karena setiap jenis-jenis kertas mempunyai karakter berbeda-beda.

3 Karakter Kertas

1. Tekstur

Beberapa jenis kertas seperti art paper dan kertas HVS mempunyai tekstur kertas yang licin. Tapi ada juga jenis kertas yang mempunyai tekstur kertas yang kasar seperti kertas Samson dan kertas Concorde.

Dengan tekstur yang berbeda, tentu akan memberikan kesan yang berbeda saat Anda ataupun sang penerima menyentuh permukaan kertas. Penggunaan tekstur ini sangat tergantung pada pengaplikasian Anda karena tidak semua tekstur cocok untuk semua situasi.

2. Ketebalan

Ketebalan kertas biasa dihitung dengan istilah GSM atau gram per square meter (berat gram per luas 1 meter persegi kertas). Semakin tinggi berat gram, berarti kertas tersebut semakin tebal.

Kertas HVS biasanya mempunyai berat antara 60–100 gram sedangkan kertas art paper mulai dari 120–150 gram. Beda lagi dengan kertas art carton yang mulai dari 190–360 gram.

3. Coating

Untuk coating, biasanya hanya dibagi antara 2, coated atau non-coated. Kertas coated adalah jenis kertas yang permukaannya dilapisi sebuah lapisan plastik sangat tipis agar kertas licin.

Sedangkan kertas non-coated adalah jenis kertas yang tidak dilapisi apa pun sehingga tekstur aslinya tetap muncul.

Tergantung aplikasi, tidak semua kertas coated berarti lebih baik dibanding keras non-coated.

Setelah Anda mengerti mengenai karakter setiap jenis-jenis kertas, kami ingin membahas kertas apa yang cocok untuk tipe printer Anda.

Kertas Untuk Printer Inkjet

Kami sudah membahas sebelumnya bahwa di perkantoran umumnya hanya menggunakan 2 jenis printer: inkjet dan laser.

Printer Inkjet menggunakan tinta cair yang disemprotkan oleh head printer sedangkan printer laser menggunakan tinta toner bubuk yang ditempelkan oleh drum roller dengan teknik pemanasan.

Merek printer inkjet yang umum beredar di Indonesia adalah printer HP, Epson, dan Canon. Tapi tidak masalah apa pun mereknya, cara kerjanya sama.

Kertas HVS yang cocok untuk printer inkjet adalah kertas HVS coated. Karena tinta printer akan dengan segera menyerap ke dalam lapisan coating membuat hasilnya terlihat tajam dan rapi (tidak meluber kemana-mana).

Jika printer inkjet menggunakan kertas HVS non-coated itu bisa menyebabkan tinta meluber kemana-mana. Membuat hasil cetak dokumen maupun presentasi Anda terlihat tidak profesional dan berantakan.

Untuk ketebalan kertas HVS yang bisa digunakan itu tergantung printer yang Anda punya. Rata-rata semua printer bisa print kertas tebal dengan catatan maksimum kertas HVS 100 gsm.

Kertas Untuk Printer Laser

Cara kerja printer laser jauh berbeda dengan printer inkjet sehingga jenis-jenis kertas yang bagus untuk digunakan pun berbeda.

Merek printer laser yang umum beredar di Indonesia adalah printer HP, Fuji, dan Brother.

Laser printer memanaskan bubuk toner agar menempel pada permukaan media. Toner tidak menyerap ke dalam kertas, sehingga jenis kertas HVS A4 yang terbaik untuk printer laser adalah tipe kertas HVS non-coated.

Tekstur pada kertas membuat toner mudah menempel pada permukaan dan sulit untuk terkelupas.

Memang ada beberapa jenis kertas coated yang didesain khusus untuk laser printer, kertas ini diproduksi dengan coating yang kuat untuk menahan panas drum roller untuk menempelkan bubuk toner.

Setting Jenis Kertas Pada Opsi Printer

Setelah memilih jenis kertas, jangan lupa untuk memilih opsi tipe kertas pada driver printer karena ini akan memerintah bagaimana cara kerja printer.

Hal ini sering lupa dilakukan oleh orang Indonesia karena kita sering tidak memperhatikan detil jenis-jenis kertas yang dipakai.

Jika printer laser mendapat informasi bahwa kertas yang dipakai adalah kertas HVS A4 100 gsm, maka printer akan mengatur fuser untuk memberikan panas yang lebih optimal. Jika tidak, bubuk toner tidak menempel dengan sempurna dan hasil cetak bisa saja cacat.

Sama seperti printer inkjet jika informasi bahwa kertas yang dipakai adalah kertas HVS A4 glossy atau mungkin Photo Paper, maka printer akan menyemprotkan tinta lebih banyak supaya hasil cetak bisa lebih indah.

Kesimpulan

Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat untuk Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut perihal tinta printer, kami akan dengan senang hati membantu.

Sebagai supplier tinta toner, inkjet, dan sparepart printer yang sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun, kami mengerti segala hal teknis luar dalam berbagai permasalahan printer.

Silakan klik di sini untuk tahu lebih lanjut bagaimana kami bisa membantu kantor Anda untuk setiap permasalahan printer.

2 thoughts on “Panduan Lengkap Cara Memilih Jenis Kertas Untuk Laser Printer & Printer Inkjet

  1. Pingback: Daftar Lengkap Ukuran Kertas Standar Indonesia Tahun 2020 - Indocart

  2. Pingback: Cara Merawat Printer Laser Jet Agar Tahan Lama - Indocart

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat