Masalah yang Sering Muncul pada Printer Laser

Frustrated person with ink on their hands trying to clear a paper jam in an office printer

Jika Anda bekerja di perkantoran dan sering berurusan dengan dokumen atau administrasi, pasti sudah tidak asing dengan printer laser. Ya, printer laser adalah jenis printer terbaik bila dibandingkan dengan printer jenis Dot Matrix atau printer Ink Jet.

Mulai dari kelebihannya menggunakan tinta bubuk, kecepatan cetaknya yang sudah tidak diragukan lagi, dan kualitas cetak yang super tajam karena menggunakan prinsip kerja yang mirip dengan mesin fotocopy, yaitu teknik photographic drum.

Namun, bukan berarti printer penyandang gelar terbaik ini tidak memiliki kendala selama proses cetak.

Ada beberapa masalah yang sering muncul pada printer laser yang pastinya membuat Anda kebingungan ketika harus mencetak dokumen dalam jumlah banyak. Apa sajakah itu? Berikut list-nya.

1. Printer Tidak Bisa Mencetak

Bayangkan, Anda sedang memerlukan beberapa dokumen penting untuk kebutuhan meeting. Atau, Anda sedang terburu-buru menyerahkan berkas-berkas penting untuk klien Anda. Tiba-tiba printer laser Anda tidak bisa mencetak!

Kesal bukan main pasti rasanya. Sama, saya pun demikian.

Jika masalah ini terjadi pada Anda, tidak perlu panik. Biasanya, printer tidak bisa mencetak atau kertas keluar dari printer masih kosong dikarenakan 3 sebab berikut ini:

  1. Toner yang sudah mulai menipis karena belum membaur secara sempurna. Pastikan dulu sebelum mencetak, untuk mencukupi bubuk toner dalam catridge yang Anda miliki sehingga dapat mencapai drum.
  2. Permukaan drum tidak mampu menyentuh bubuk toner karena unit penyaring sudah aus atau rusak. Bila hal ini adalah penyebabnya, pastikan Anda mengganti komponen yang rusak tersebut.
  3. Kertas terkena minyak atau lembab sehingga bubuk toner tidak mau menempel sempurna pada kertas. Perhatikan selalu kebersihan kertas yang Anda pakai untuk mencetak, sortir segera yang kotor dan hanya gunakan kertas yang bersih saja.

2. Kertas Terselip di Printer Laser (Paper Jams)

Lagi-lagi, sebelum meletakkan kertas di printer laser, Anda harus benar-benar aware, bagaimana kebersihan kertas dan mesin printer Anda. Apakah ada minyak tertimpa di sana? Apakah ada kotoran atau debu yang menempel di kertas? Atau ada debu di dalam printer Anda?

Beberapa masalah tersebut adalah penyebab terjadinya paper jams pada printer laser Anda. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut tips dari saya:

  1. Buka penutup printer, lalu ambil kertas yang menyangkut di printer laser dengan cara menariknya searah dengan arah kertas keluar dari printer. Ingat, hanya searah dengan arah keluarnya kertas, bukan sebaliknya.
  2. Gunakan lap untuk membersihkan roller (ban penggulung kertas) dan sisi-sisi bagian dalam printer laser menggunakan kain yang lembut
  3. Bila dua cara di atas tidak berhasil mengatasi paper jams di printer laser Anda, Anda bisa memanggil teknisi karena kemungkinan terjadi kesalahan dalam pemasangan roller, roda gigi, chip, pengait kertas, dan sensor karena hanya teknisi yang bisa mengetahui kesalahan pemasangan ini.

3. Bubuk Toner Luntur

Apakah Anda pernah menemukan masalah yang satu ini? Saat Anda sedang mencetak, akan tetapi hasil cetakannya luntur, bisa jadi itu karena:

  1. Fuser dalam printer laser Anda rusak. Jika ini terjadi, segera ganti dengan membeli fuser yang baru karena spare part yang satu ini memang memiliki masa kadaluarsa selama pemakaiannya.
  2. Toner tumpah di dalam mesin printer. Tentu saja Anda harus segera membersihkannya untuk mengatasinya.
  3. Toner Catridge rusak atau bocor sehingga mengeluarkan terlalu banyak toner ketika mencetak. Atasi masalah ini dengan mengganti catridge yang lama dengan yang baru.

4. Tray Bermasalah

Tray adalah tempat untuk meletakkan kertas dengan posisi siap cetak. Ada kalanya, tray menarik kertas secara bersamaan sehingga membuat kertas Anda kusut atau halaman cetak yang tadinya hanya memerlukan 1 kertas saja, bisa jadi tercetak di beberapa kertas. Ini namanya pemborosan kertas.

Makanya, Anda perlu sekali mengatasi tray bermasalah ini dengan cara:

  1. Ganti segera pad yang Anda miliki dengan pad yang baru. Pad adalah spare part di mesin printer laser untuk memisahkan kertas pada tray.
  2. Bersihkan kertas dan pastikan kertas tidak basah, lembab, atau tertempel minyak
  3. Anda juga bisa menginstall pad yang baru. Atau Anda tidak bisa menginstallnya? Tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak tersedia layanan yang dapat dipanggil kapanpun saat Anda membutuhkan perbaikan pad pada mesin printer Anda.

5. Muncul Bercak/Titik/Kotor Berwarna Hitam Vertikal pada Hasil Cetakan

Masalah ini tidak kalah seringnya muncul pada printer laser. Jika Anda menghadapi masalah serupa, bisa jadi penyebabnya adalah beberapa bagian spare part yang kotor, seperti roller, magnet roll, chip, drum roll, dan PCR.

Cara paling ampuh untuk mengatasinya adalah dengan mencari dari mana titik/bercak/kotor hitam vertikal pada kertas itu berasal, kemudian Anda bersihkan dengan cairan pembersih khusus. Jika memang setelah spare part dibersihkan masih juga muncul masalah serupa, Anda bisa menggantinya dengan membeli spare part yang baru.

Tidak ada masalah tanpa solusi, karena pada dasarnya masalah selalu datang dengan solusi. Apapun masalah yang sering muncul di printer laser Anda, pastikan Anda tetap tenang, cari biang penyebabnya, dan atasi sebisa mungkin dengan cara di atas untuk meminimalisir membawanya ke teknisi.

Akan lebih baik lagi, jika di kantor Anda ada teknisi khusus sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan additional cost untuk memperbaiki printer laser Anda. Selamat bereksperimen, dan salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat