3 Jenis Printer Yang Umum Digunakan Di Perkantoran 2019

Jenis-jenis printer yang umum digunakan di perkantoran, Indocart supplier tinta toner dan sparepart printer Jakarta dan Tangerang

Printer merupakan salah satu perangkat penting di perkantoran. Berikut adalah 3 jenis printer yang umum digunakan dan tabel perbandingan setiap jenisnya.

Bukan era digital namanya, jika semuanya tidak bisa di-digital-kan. Hampir semua hal sekarang dibuat dalam bentuk digital. Mulai dari perdagangan via toko online, tempat kursus belajar via kursus edukasi online, uang digital via electronic money, investasi digital via bitcoin dan forex, mesin pencetak via printer, dan masih banyak lagi.

Tetapi benda fisik masih tetap lebih diminati orang, khususnya dokumen, karena lebih nyaman untuk dibaca dan digenggam. Maka dari itu, printer masih jadi salah satu alat yang penting di kantor. Nah, jenis-jenis printer di kantor biasanya terdiri dari 3 jenis utama. Yuk kita bahas satu-satu kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis.

1. Printer Dot Matrix

Printer ini adalah printer jadul dengan pita tinta yang cara kerjanya meniru mesin ketik. Seperti namanya, hasil cetakan dari mesin printer Dot Matrix selalu berbentuk titik-titik. Ini terjadi karena komponen dari mesin printer Dot Matrix yang membentuk pola cetakan huruf per huruf adalah susunan jarum besi yang bergerak ketika head printer menyentuh pita tinta.

Kecepatan dan ketajaman jarum besi pada mesin printer inilah yang menyebabkan jenis printer yang satu ini masih banyak digunakan. Anda dapat dengan mudah membuat dokumen berupa kwitansi, invoice, surat jalan, purchase order, berita acara, dan lain-lain dalam bentuk rangkap.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan ukuran kertas yang lebih lebar, printer jenis ini masih bisa mengatasinya. Belum lagi jika Anda perhatikan dari segi tinta yang digunakan, tentunya jenis pita tinta sangatlah lebih murah dibandingkan dengan jenis tinta printer lainnya.

Sayangnya, printer Dot Matrix memiliki daya resolusi yang rendah sehingga proses cetak menjadi lebih lama. Kekurangan lainnya yang jelas terlihat adalah warna pita tinta yang hanya 1 sehingga Anda tidak bisa mencetak warna lain di printer yang satu ini.

2. Printer Ink Jet

Beda halnya dengan printer Ink Jet. Printer ini lebih modern bahkan menjadi favorit yang banyak dijumpai hampir di manapun. Cara kerja printer Ink Jet adalah dengan menyemprotkan tinta pada kertas lewat pipa kecil pada cartridge sehingga terbentuklah pola, baik gambar, grafik, atau tulisan sesuai dengan instruksi yang dikirim dari sebuah laptop atau komputer.

Kabar baiknya adalah, hasil cetakan mesin printer Ink Jet sangat baik karena pola yang muncul baik gambar, grafik, atau tulisan dari tinta yang disemprotkan pada kertas berbentuk titik-titik kecil sudah menyatu sehingga hasil cetakan sudah sempurna.

Dengan resolusi tinggi yang dimilikinya, Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas hasil cetakan meskipun Anda ingin mencetak kertas dengan ukuran sangat lebar. Anda pun bisa dengan mudah mencetak gambar yang berwarna-warni melalui printer ini.

Akan tetapi, kualitas selalu hadir dengan harga yang lebih mahal. Memilih printer Ink Jet berarti Anda harus menyiapkan budget lebih dibanding printer Dot Matrix karena selain tidak bisa mencetak rangkap, biaya operasionalnya juga akan lebih mahal.

3. Printer Laser Jet

Jika ada printer yang memiliki kecepatan 3 kali lipat dari kedua jenis printer yang disebutkan sebelumnya, dengan kualitas gambar terbaik, maka printer Laser Jet adalah jawabannya.

Dengan menggunakan prinsip gabungan antara mesin fotokopi dan teknologi laser, printer ini bekerja dengan cara menyinarkan laser pada OPC Drum yang akan berputar melalui toner (tinta berbentuk bubuk) lalu mengambil toner dan memindahkannya pada kertas berupa pola berupa gambar, grafik, atau tulisan sesuai dengan instruksi pada PC yang Anda gunakan.

Karena memiliki kecepatan cetak yang tinggi, Anda tidak perlu khawatir ketika harus mencetak berlembar-lembar kertas dengan banyak halaman dan dalam waktu yang bersamaan. Namun, sayangnya printer Laser Jet hanya bisa mengeluarkan satu warna saja yaitu hitam. Tidak adanya tabung tambahan untuk tempat toner dan harganya 2 – 3 kali lipat dari printer Ink Jet juga merupakan kelemahan terbesarnya.

Komparasi Jenis-Jenis Printer

Jenis-jenis printer ini masing-masing punya kelebihan dan kekurangan yang jika dijabarkan belum tentu bisa ketemu. Tergantung dari Anda yang sebenarnya membutuhkan printer seperti apa untuk mencetak dokumen kantor Anda.
 Dot MatrixInk JetLaser Jet
KecepatanSedangCepatTercepat
HargaMurahMurah – MahalMahal
KualitasRendahSedang – TinggiSedang – Tinggi
TintaPitaCairToner / Bubuk
MobilitasRingkasRingkasBerat
ExtraBisa cetak di kertas rangkapBisa cetak di semua jenis kertasKecepatan cetak terbaik

Sebenarnya, masih ada jenis-jenis printer lain, yaitu printer Thermal dan printer label. Namun, dua printer ini sangat jarang ditemukan di area perkantoran.

  1. Printer Thermal adalah printer dengan ukuran sangat mini yang berfungsi untuk mencetak nota berukuran kecil seperti di mesin EDC, mesin ATM, karcis parkir, mesin antrian, dan nota pembelian di minimarket atau mall.
  2. Printer Label adalah printer yang digunakan untuk mencetak label berukuran kecil dalam jumlah banyak. Biasanya, printer yang satu ini sering dijumpai di toko, mall, sampai dengan swalayan yang membutuhkan banyak pelabelan pada produk-produk mereka.

Jika Anda ingin membeli printer, sebaiknya sesuaikan apakah jenis-jenis printer di atas sudah sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Pastikan juga Anda melihat kelebihan dan kekurangannya agar Anda tidak salah pilih dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan paling mendesak Anda. Sudahkah Anda putuskan ingin membeli printer yang mana? Share yuk di kolom komentar!

 

 

One thought on “3 Jenis Printer Yang Umum Digunakan Di Perkantoran 2019

  1. Pingback: Komponen Toner Cartridge Laser Printer & Fungsinya 2019 - Indocart

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat