Daftar Komponen & Sparepart Toner Cartridge Laser Printer & Fungsinya 2019

featured image daftar komponen dan sparepart toner cartridge

Diantara beragam jenis printer, jenis laser termasuk yang tidak begitu banyak digunakan. Perusahaan yang menggunakan pun biasanya hanya perusahaan besar atau spesialis bidang percetakan. Karena secara harga di pasaran pun masih lebih tinggi dibanding printer jenis lain. Hal itu yang lalu membuat orang tak banyak tahu tentang bagian-bagian penyusunnya.

Sistem cetak antara printer jenis ini dengan jenis inkjet (yang saat ini banyak digunakan) berbeda. Jika di dalam printer inkjet tinta yang digunakan adalah jenis tinta cair (ink), sedangkan di dalam jenis laser, tinta yang digunakan berbentuk serbuk (toner). Sehingga komponen penyusun kedua jenis printer tersebut pun berbeda satu dengan lainnya.

Bukan hanya seorang teknisi printer yang perlu mengetahui komponen di dalam printer. Orang-orang khususnya pegawai kantor yang sering menggunakan printer jenis ini pun ada baiknya memahami. Karena pengetahuan ini akan sangat berguna jika saat menggunakan menemui masalah dengan komponen printer hingga mempertimbangkan perbaikan.

Sistem Kerja Printer Laser Secara Umum

Data yang akan dicetak akan dikirimkan dan lalu ditembak ke dalam OPC drum oleh komponen laser melalui kaca. Hal itu kemudian akan membentuk medan magnetik pada lapisan drum tersebut. Bubuk-bubuk toner kemudian akan menempel pada bagian drum menyesuaikan dengan data gambar yang telah diterima.

Toner yang sudah membentuk gambar tersebut kemudian ditempelkan pada media cetak atau kertas yang sudah ditarik masuk oleh roll penarik. Supaya bubuk-bubuk tersebut bisa meresap pada kertas, dipanaskan oleh bagian Presure Roller pada Fuser Heater. Selanjutnya tinta (bubuk toner) akan melekat permanen di atas kertas.

Cartridge adalah komponen utama dari printer yang berfungsi untuk melakukan proses penempelan tinta pada media cetak. Jika komponen bagian ini rusak otomatis printer pun tidak bisa berfungsi. Bahkan harga cartridge (ketika butuh mengganti dengan yang baru) pun hampir sama dengan harga printer baru. Karenanya penting sekali Anda pahami beberapa bagian dalam cartridge berikut.

OPC Drum

Gambar yang hendak dicetak nantinya akan diterima datanya dari komputer oleh bagian ini. Setelah data dari komputer masuk, elektrostatis pada bagian ini akan otomatis membentuk pola gambar tersebut pada lapisannya. Bagian OPC ini dilindungi oleh komponen yang disebut dengan Drum Shutter.

Primary Charge Roller

Karena permukaan drum mengandung muatan elektrostatis ketika printer bekerja, diperlukan komponen untuk menetralkan. Komponen PCR inilah yang bertugas melakukannya sehingga bagian yang mash bermuatan negatif bisa seluruhnya netral kembali.

Wiper Blades

Setelah cartridge menjalankan fungsinya untuk mencetak, toner bisa saja kemudian tersisa karena tidak ikut menempel pada media cetak. Jika terus menumpuk pada bagian drum, hal itu bisa mengganggu proses cetak berikutnya. Karenanya komponen ini difungsikan untuk nantinya secara otomatis membersihkan bagian permukaan drum yang kotor oleh sisa-sisa toner.

Doctor Blades

Supaya gambar bisa tercetak sesuai yang tampil di komputer, maka toner harus bisa ditempelkan pada kuantitas yang tepat. Jika terlalu sedikit atau terlalu banyak toner pada kertas, gambar pun tidak akan tercetak sempurna. Karenanya terdapat komponen ini yang berfungsi untuk mengatur supaya toner tidak terlalu banyak ketika ditarik oleh magnet.

Chip Reseter

Kapasitas toner dalam printer tentunya terbatas dan ketika habis, maka cartridge juga tidak bisa mencetak gambar pada kertas. Jika hal tersebut dibiarkan terus berlanjut, cartridge pun bisa lama-lama mengalami kerusakan. Karenanya diperlukan komponen untuk mendeteksi status toner, supaya jika hampir habis bisa segera diisi ulang. Bagian inilah yang berfungsi untuk menjalankan fungsi tersebut.

Magnetic Roller Slave

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa toner perlu ditarik untuk menempel pada bagian drum. Komponen magnet ini yang ditempatkan untuk menjalankan fungsi tersebut. Magnet yang nantinya akan menarik bubuk toner bermuatan positif supaya kemudian menempel pada bagian OPC drum.

Fuser Heater

Printer laser akan sangat bergantung pada komponen ini, karena fungsinya sebagai pemanas. Dengan panas yang dihasilkan tersebut, bubuk toner bisa menempel pada kertas secara rapih dan tidak mengotori bagian kertas. Kita pun bisa mendapatkan hasil gambar sesuai yang tampil di komputer dengan peran pemanas ini.

Toner Hooper

Toner tentunya butuh tempat untuk penampungan di dalam cartridge sehingga stoknya selalu tersedia untuk proses cetak. Komponen bagian ini yang menjadi tempat penampungan tersebut, sehingga kemudian disebut dengan toner hooper. Sedangkan untuk toner yang tersisa dan tidak masuk ke dalam proses cetak nantinya secara otomatis akan masuk ke dalam bagian wastebin.

Itulah beberapa komponen dalam rangkaian cartridge yang membentuk sistem cetak di dalam printer. Ketika ada satu saja komponen yang mengalami gangguan, keseluruhan proses cetak pun akan ikut terpengaruh. Karenanya Anda yang menggunakan printer laser lebih baik memperhatikan setiap komponen di atas terjaga sehingga kebutuhan cetak bisa selalu terpenuhi.

One thought on “Daftar Komponen & Sparepart Toner Cartridge Laser Printer & Fungsinya 2019

  1. Pingback: Jenis-Jenis Kertas Untuk Laser Printer & Inkjet, Panduan 5 Menit - Indocart

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat