Cara Merawat Printer Laser Jet Agar Tahan Lama

Merawat printer laser jet agar tahan lama itu susah-susah gampang karena perlu ketelitian dalam perawatannya. Printer adalah salah satu alat yang perlu ada di perkantoran.

Walaupun sekarang tersedia banyak jasa layanan cetak korporat, tapi tidak mungkin dokumen internal dikirimkan ke penyedia jasa di luar perusahaan.

Sebagai salah satu inventori kantor yang cukup sering digunakan, ada baiknya jika staff yang bertanggung jawab mengerti perihal perawatan printer. Apalagi printer laser (atau lebih umum dikenal sebagai printer laserjet) termasuk alat mahal.

Berikut adalah beberapa cara merawat printer laserjet agar awet tahan lama dan tidak cepat rusak.

1. Bersihkan Printer Secara Berkala

Semua alat setelah digunakan pasti akan mengalami penumpukan debu. Apalagi printer’s laser menggunakan tinta toner yang berbentuk bubuk.

Dapat dipastikan ada serpihan bubuk yang tersisa ketika kertas keluar dari dalam printer. Apalagi kalau kertas yang dipakai berbeda dengan spesifikasi yang ditentukan driver printer.

2. Selalu Cek Buku Panduan Dalam Membongkar

Ikuti petunjuk panduan ketika mencoba untuk membuka dan membongkar beberapa bagian yang bisa dibuka. Jika memang sebuah bagian tidak disebutkan panduan pembongkarannya, lebih baik tidak mencoba untuk membongkar.

Terkadang rasa ingin tahu kita yang tinggi membuat kita merasa sudah pintar sehingga tidak perlu membaca buku panduan lagi.

Ini beresiko kita membuka bagian yang tidak bisa ditutup kembali karena mengharuskan adanya lem tertentu. Yang lebih gawat jika parts penyambung patah karena kita paksa waktu membuka.

3. Jauhkan Printer Dari Matahari

Semua alat elektronik tidak baik jika overheat, matahari siang yang panas bisa membuat suhu printer terlalu panas dan mengacaukan proses kerja.

Apalagi untuk printer laser, beberapa komponen seperti OPC drum sangat sensitif terhadap cahaya.

4. Tekan Tombol Dengan Tenaga Secukupnya

Terkadang kita tidak peduli perihal ini padahal ini bisa membuat tombol tersebut rusak lebih cepat (jauh lebih cepat) sehingga touch screen / tombol tidak bisa dipakai.

Gunakan tenaga secukupnya, pencet dengan wajar dan jangan kasar ketika memakai interface printer. Tombol dan layar sentuh tidak dibuat untuk ditekan secara kasar, berbeda dengan tombol mesin industri yang sudah didesain untuk itu.

5. Tarik Kertas Macet Sesuai Arah

Kertas macet itu sebuah kasus yang umum untuk printer. Bukan sebuah problem besar tapi cukup menyebalkan. Ketika kertas macet, jangan pernah menarik kertas melawan arah keluar.

Tarik kertas sesuai arah keluar kertas pada saat proses cetak. Jika memang perlu, bukalah printer dan tarik kertas keluar sesuai arah.

Kesimpulan

Demikianlah tips singkat dari kami, semoga informasi ini bisa membantu Anda untuk menjaga printer lebih awet dan tahan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat